Saturday, September 19, 2015

[TEKNIK] Photoshop Brush – Menggunakan fitur Scattered Brush

Tentunya nama program “Photoshop” sudah tidak asing di telinga orang saat ini, baik fotografer atau kalangan awam. Fungsinya telah dikenal sebagai program untuk “edit” ataupun “manipulasi” gambar digital. Photoshop sendiri sebagai sebuah program photo editing, tergolong mewah atau komplit, dengan seabreg tools yang disediakan untuk membantu fotografer atau editor dalam mencapai tujuan/hasil akhir yang sesuai dengan keinginan/imajinasi.

Kali ini kita akan bahas mengenai tool “brush” dalam Photoshop, khususnya fungsi scatter yang ada, untuk mempercantik tampilan akhir foto kita.

 bikin efek foto kayak gini nih

Pada Kasus ini, kita akan mencoba untuk membuat foto seperti diatas, foto dengan bulir-bulir dandelion yang bertaburan secara acak & terlihat natural.
Sebelumnya, kita bisa cari (googling) brush dandelion, dan mendownloadnya (seperti contoh pada link ini : http://www.brusheezy.com/brushes/1224-dandelions-photoshop-brushes )
File Brush yang sudah didownload, dapat dimasukkan ke photoshop dengan meng-copy file ke dalam folder Program Files > Adobe > Adobe Photoshop CS > Presets > Brushes.

Langsung saja, berikut langkah-langkah dalam pengerjaannya :

1.       Buka File foto yang ingin kita olah


2.       Load brush (dandelion), dan pilih bentuk brush yang ingin kita gunakan. Tab brush memiliki banyak opsi yang bisa kita atur/mainkan untuk memaksimalkan penggunaannya.


3.       Aktifkan pilihan “shape dynamics”, dan mainkan parameter size jitter, angle jitter & pilihan lainnya sesuai selera, agar saat kita memberi brush, sapuan brush tidak monoton.


4.       Aktifkan pilihan “scattering” sebagai randomizer


5.       Buat layer baru, dan mulai sapukan brush ke gambar. Gunakan juga beberapa bentuk brush yang berbeda agar hasil tampak lebih natural.



6.       Untuk membuat efek “3D” yang lebih natural, seleksi sebagian bulir dandelion. Ane menggunakan masking untuk memilih (masuk mode quick mask (Q) à brush bulir yang ingin kita seleksi à exit quick mask (Q) à invert selection)


7.       Beri efek “gaussian blur” pada bagian bulir dandelion yang telah diseleksi, atur nilainya agar tampak natural.


8.       Lakukan hal yang sama untuk bagian bulir yang berbeda


9.       Seleksi lagi beberapa bagian bulir, kali ini beri efek “motion blur” untuk menambah efek pergerakan obyek. Atur angle dan nilai distance-nya agar tampak natural.


10.   Merge all layers, SELESAI!



Kesepuluh langkah diatas dapat dilakukan dengan sangat cepat, dan tentunya dengan hasil yang dapat menambah nilai estetis pada foto kita.
Eksperimen dengan brush lainnya dapat dilakukan, tentunya untuk pengembangan kreatifitas kita.
Semoga bermanfaat.

Salam,
Bosdugem | 087 888 645 088 (WA)

4 comments: