Wednesday, September 23, 2015

[Review] Yongnuo 35mm f2.0

KESAN PERTAMA
Yongnuo 35/2 adalah salah satu lensa 3rd party / alternatif yang sangat menarik bagi pengguna Canon. Kesan pertama yang saya dapatkan adalah “sangat sederhana”. Box & packaging yang menyertainya sangat sederhana / minimalis. Saat memegangnya pertama kali, kesan yang didapat adalah ringan, simpel & “murah”. Lensa ini memang terasa sangat ringan, dengan bobot hanya 155Gr, terasa ringan, bahkan untuk ukuran sebuah prime lens. Bobotnya yang ringan, ditambah bahan yang sebagian besar terbuat dari plastik (kecuali lens mount), membuat lensa ini memiliki kesan “murah”, berbeda dari lensa canon 35/2 yang terasa lebih solid dari sisi build quality.

Sekilas mirip sekali dengan Canon EF 35/2

Penampilannya pun sangat sederhana, lensa berbahan body plastik dengan fokus ring dilapisi karet, dan sebuah switch AF/MF. Lensa ini sangat low profile, sangat cocok untuk digunakan menemani street hunt atau kegiatan yang mengutamakan mobilitas & kesederhanaan.

PENGGUNAAN, HANDLING & PERFORMANCE
Pengalaman dalam penggunaannya sangat mirip dengan lensa Canon EF 35/2 (non-IS). Yongnuo 35/2 merupakan lensa yang portable dan ringan, membuatnya ideal untuk dipakai sehari-hari, dalam perjalanan atau dokumentasi ringan. Fokus relatif cepat dan akurat, sama seperti “kembarannya” EF 35/2. Saat saya coba menggunakan untuk dokumentasi sebuah event, tidak ada kendala yang ditemui, lensa ini bekerja dengan sangat baik, sebagaimana mestinya.


Lensa tidak offensive, AF cukup cepat dan juga akurat.

Yongnuo 35/2 didesain untuk sensor fullframe. Untuk kamera fullframe, penggunaannya sangat ideal untuk street photography & travel. Bagi pengguna kamera sensor APS, tentu saja lensa ini akan berlaku seperti lensa normal. Jarak fokus minimum lensa ini terbilang dekat, hanya berjarak 25cm. Walaupun bukan merupakan lensa macro, namun kemampuan fokus jarak dekatnya cukup membantu dalam berbagai situasi untuk mengambil detail dari obyek berukuran kecil.


Jarak fokus minimum hingga 25cm. Sangat berguna untuk mengambil foto seperti ini.

Crop dari foto diatas untuk melihat ketajaman. Diambil pada kondisi wide-open.

Dari sisi ketajaman, lensa ini mampu menghasilkan ketajaman gambar yang baik. Ketajaman sedikit menurun di pinggir gambar (fullframe), namun masih sangat usable, bahkan pada setting wide open. Penggunaan pada sensor berukuran apsc, penurunan ketajaman pada sudut gambar tidak terlalu signifikan. CA handling, bila diarahkan pada bagian yang terang, lensa ini menunjukkan adanya CA, namun tidak terlalu parah. Tone yang dihasilkan, dari tes jepret pada obyek “real life” yang saya lakukan, sedikit lebih warm dari lensa canon.

Tone cenderung warm. CA ada namun masih terkontrol baik.

Karakter bokeh pada ujung gambar. Crop dari gambar diatas.

Hal unik yang perlu diperhatikan dari lensa ini adalah, karakter bokehnya. Untuk obyek jarak dekat (close focus), bokeh dirender dengan halus, namun untuk obyek dengan jarak 2-3 meter, karakter bokeh yang dihasilkan menunjukkan karakter “melintir” (spherical). Bentuk bokeh pun terlihat seperti sisik pada beberapa scene, membuat lensa ini memiliki karakter tersendiri.

Sangat ideal untuk street photography 



KESIMPULAN

Yongnuo 35/2 tampak seperti copy dari lensa canon EF 35/2, dalam versi yang lebih murah / terjangkau. Walaupun performanya tidak jauh berbeda, namun pada beberapa hal cukup terlihat bedanya (karakter). Yongnuo tidak memfokuskan lensa ini pada build quality, namun untuk kualitas hasil dan harga, lensa ini tentu menjadi sangat pantas dilirik, dan menjadi salah satu opsi lensa range 35mm yang paling masuk akal. Bagi anda yang mencari sebuah lensa “low profile” dengan hasil prima & budget ketat, menurut saya lensa Yongnuo ini masuk dalam list teratas.

Semoga bermanfaat.
Salam,

Bosdugem | 087 888 645 088 (WA)

6 comments:

  1. kalo harga kisaran brapa tuh mas? trus kayanya di toko toko kamera yg saya temuin kaya tokocamz*n dll blm ada stok nya.. mas rifki klo boleh tau belinya di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belinya di salah satu online seller di FB mas.. harga yang 35/2 baru 1,35jt (bonus filter + ongkir), kalau harga yang YN 50/1.8 750rb (bonus filter + ongkir juga). kalau mau cek di toko sih, sepertinya mlmfoto sudah ready stok

      Delete
  2. bos dugem ijin copas reviewnya yak

    ReplyDelete
  3. Link toko Online-nya dong mas? :)
    saya sangat tertarik nih sama lensa ini....

    ReplyDelete
  4. hasil jepretan review diatas pake kamera apa mas?

    ReplyDelete
  5. Kira-kira kalau untuk poto model dan close up lebih pilih YN 35mm atau 50mm gan? ditinjau dari hasil foto dan bokehnya?

    ReplyDelete